Blue Fire Kawah Ijen Jadi Api Porprov Jatim

HaiJatim.com – Blue fire atau api biru yang terdapat di Kawan Ijen, Kabupaten Bondowoso menjadi saksi bisu penyemangat gelaran Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov) VII Jatim. Sebagai salah satu Kabupaten yang berkesempatan menjadi tuan rumah Porprov VII, yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni – 3 Juli 2022 mendatang itu.

Tak mengherankan Bupati Salwa Arifin pun didaulat menyalakan kaldron api Porprov VII Jatim di depan Pendopo. Pemerintah Kabupaten Bondowoso, menyelenggarakan kirab api Porprov Jatim pada, Senin (29/6) bersama 416 atlet. Kemudian api itu akan diestafetkan menuju Kabupaten Situbondo.

Untuk diketahui, api pada Porprov tahun ini adalah api abadi yang diambil langsung dari Gunung Ijen yaitu blue fire yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Gunung Ijen Jatim dan Gunung di Islandia.

Blue Fire Ijen Porprov Jatim

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, mengatakan bahwa kirab obor api ini merupakan bagian dari rangkaian dimulainya ajang Porprov Jatim. Pihaknya berkomitmen akan memberikan yang terbaik demi kesuksesan ajang olahraga antar Kabupaten/Kota di Jatim.

“Kobar semangat api abadi ini akan menjadi simbol Porprov ke-VII Jawa Timur agar bisa menginspirasi, menjadi spirit kekuatan kebersamaan, dan sportivitas bagi para atlet dan official yang akan berlaga,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *