Obligasi Syariah Diminati Masyarakat

Haijatim.com, Surabaya – Terdapat banyak instrumen investasi yang terdapat di pasar modal, seperti misalnya: surat tanda bukti kepemilikan (saham), reksadana, dan surat utang jangka panjang (obligasi). Pada saat ini obligasi merupakan salah satu instrumen investasi di pasar modal yang sedang diminati masyarakat pemodal (investor).

Terdapat dua macam obligasi, yaitu obligasi konvensional dan obligasi syariah. Pada mulai sekitar tahun 2002, penerbitan obligasi syariah korporasi di Indonesia semakin marak. Obligasi syariah yang terdapat di pasar modal sekurang–kurangnya telah terbentuk menjadi menjadi dua macam, yaitu obligasi dengan tingkat pengembalian tetap (fixed rate) dengan menggunakan akad ijarah (sewa manfaat), serta obligasi syariah yang memberikan return on investment (tingkat pengembalian investasi) yang berubah–ubah (floating rate) dengan menggunakan akad mudharabah (bagi hasil atau disebut dengan profit sharing).

Apabila terminologi obligasi dibaca sebagai utang, sudah pasti bahwa syariah melarang terjadinya jual–beli atas obligasi tersebut. Namun DSN–MUI (Dewan Syariah Nasional–Majelis Ulama Indonesia) telah memberikan definisi obligasi syariah sebagai “surat investasi”.

Likuiditas dan harga obligasi syariah ijarah sangat tergantung pada nilai cicilan sewa yang memiliki kecenderungan tetap dari periode ke periode. Apabila nilai cicilan sewa yang diperoleh semakin lebih baik jika dibandingkan dengan obligasi–obligasi yang lainnya, yang merupakan obligasi syariah maupun obligasi konvensional yang berbasis bunga (obligasi non syariah), maka akan semakin mudah memperjual–belikannya pada harga yang baik. Hal ini disebabkan karena obligasi tersebut semakin diminati oleh pihak–pihak lain.

Sementara itu, likuiditas dan harga obligasi syariah mudharabah sangat tergantung pada bagi hasil dan waktu yang baik yang diperoleh pemodal (investor) berdasarkan data–data historis (historical data) obligasi, sehingga akan membawa pengaruh/dampak yang positif pada obligasi tersebut, di mana terdapat peningkatan jumlah peminat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *