Mangkok Ayam Jadi Google Doodle, Tak Sadar Jadi Simbol Universal Alat Makan

Haijatim.com –¬†Apa pernah di perjalanan terasa lapar dan menggiring kita singgah ke pedagang makanan kaki lima di pinggir jalan?
Jika ya, maka Anda berpeluang menerima mangkok makanan, entah itu bakso ataupun bubur ayam bergambarkan Ayam, yang ternyata alat masak itu menjadi simbol universal alat makan yang melengenda. Hingga menjadi Google Doodle di Selasa (12/09) ini.

Ya itulah mangkok ayam yang menjadi desain Google Doodle. Ikon rooster bowl yang ikonik itu terpilih di laman penelusuran Google Search. Dimana sudah pasti akan banyak yang bertanya-tanya mengapa mangkok cap ayam jago itu jadi pilihan.

“Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikon, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jago berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang,” demikian pernyataan Google seperti dikutip dari situs resmi Doodle.

Sejarah singkat menyebutkan mangkok ayam jago ini menjadi istimewa karena sebagai peringatan pendaftaran hal intelektual yang dilakukan pemerintah Thailand pada desain ini 9 tahun lalu atau 2013. Mangkok ini merupakan produk khas Lampang, provinsi di Thailand. Padahal sejatinya desain mangkuk ayam jago ini menurut Google berasal dari Tiongkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *