ITS Luncurkan Motor Listrik EVITS, Sudah Dijual Bebas!

Haijatim.com, Surabaya – Setelah memperkenalkan produksi perdananya ke masyarakat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi merilis sepeda motor listrik bertajuk Electric Vehicle ITS (EVITS). Sebagai tahap awal, ITS meluncurkan EVITS TS-1 dalam soft launching yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS, Senin (22/1) dan motor ini telah dijual bebas seharga Rp 32 jutaan OTR Surabaya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan bahwa EVITS TS-1 yang digadang-gadang siap bersaing di pasar otomotif nasional ini merupakan produk motor listrik yang didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik. Lelaki yang kerap disapa Ashari ini mengungkapkan, produk ini adalah hasil kolaborasi ITS melalui PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana.

EVITS ITS Motor Listrik
(dari kiri) Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT bersama Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng

Dalam penjelasannya, Ashari menjabarkan bahwa EVITS TS-1 dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam. Lebih lanjut, Guru Besar Teknik Elektro ITS tersebut menjelaskan bahwa motor ini dilengkapi dengan dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah. “Kalau akselerasinya sendiri, untuk menempuh jarak 55 kilometer, akselerasinya membutuhkan tujuh sampai delapan detik,” paparnya di hadapan awak media dalam konferensi pers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *