Jelang Mudik Jasa Raharja Monitoring & Digitalisasi Pembayaran Iuran Wajib Operator Kapal Penumpang

Haijatim.com – PT Jasa Raharja Perwakilan Pamekasan melakukan monitoring implementasi penggunaan aplikasi JRKu modul IWKL pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2024, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan digitalisasi pembayaran IWKL dengan aplikasi JRKu tersebut dapat digunankan dengan baik oleh para Operator Kapal.

Sebagaimana sosialisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada tanggal 30 Januari 2024 lalu, aplikasi JRKu modul IWKL memberikan kemudahan pembayaran iuran wajib penumpang kapal laut (IWKL) bagi para perusahaan operator kapal penumpang di wilayah Madura. Acara sosialisasi yang dilaksanakan bersama dengan Divisi Asuransi, Divisi TIK dan Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur tersebut memberikan penjelasan dan simulasi/pelatihan penggunaan aplikasi JRKu modul IWKL yang merupakan digitalisasi proses pembayaran iuran wajib penumpang kapal laut yang sebelumnya transaksi pembayaran tersebut dilakukan secara manual menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis karena dapat dilakukan melalui smartphone.

Digitalisasi pembayaran IWKL di wilayah Madura yang memiliki Perusahaan operator kapal yang cukup banyak di Jawa Timur memberikan dampak positif. Kondisi ini mendukung aktivitas masyarakat Madura yang sering menggunakan transportasi laut untuk bepergian di wilayah kepulauan Madura sendiri atau transportasi penyebrangan dari wilayah Madura ke daerah lainnya yang melintasi Selat Madura. Diharapkan kegiatan monitoring ini dapat meningkatkan kepatuhan dan memberikan kemudahan kepada operator kapal dalam melakukan penyetoran IWKL sehingga dapat memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat pengguna alat transportasi kapal laut dari risiko kecelakaan.

Dalam kegiatan monitoring penggunaan aplikasi JRKu Modul IWKL tersebut Kepala Jasa Raharja Perwakilan Pamekasan – Madura Gillang Panjiwijaya, SE. ME. yang didampingi oleh Penanggung Jawab Bidang Asuransi Harris Oktariawan Nur, SE. MM., serta Petugas Jasa Raharja Sumenep Arifin Wiradmaja, SPd. juga berkoordinasi dan meminta dukungan dari para operator kapal untuk lebih memperhatikan aspek-aspek keselamatan penyebrangan seperti memperhatikan kondisi cuaca serta kelengkapan alat keselamatan seperti pelampung agar selalu tersedia dengan jumlah yang mencukupi.

Menjelang musim mudik lebaran ini, khususnya bagi masyarakat pengguna moda transportasi berupa kapal penyebrangan, PT. Jasa Raharja senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud Negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan. Kolaborasi terus dibangun dan diglorifikasikan guna mewujudkan kondisi yang aman dan kondusif bagi setiap masyarakat Indonesia khususnya para pengguna alat transportasi umum baik di darat, laut dan udara. (dia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *