Tingkat Laka Tinggi di Madura, Jasa Raharja Lakukan Upaya Preventif

Haijatim.com, Pamekasan – Luas wilayah pulau Madura yang terdiri dari empat Kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep yang memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Untuk itu PT Jasa Raharja Perwakilan Pamekasan berupaya preventif dengan menurunkan kasus kecelakaan yang terjadi terutama menjelang Mudik Lebaran tahun 2024.

Sebagaimana diketahui bahwa penduduk Pulau Madura juga banyak yang merantau atau tinggal di daerah lain dalam wilayah Jawa Timur ataupun juga diluar Jawa Timur sehingga pada musim mudik lebaran selalu ada peningkatan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi masuk ke Pulau Madura ataupun juga sebaliknya, sehingga menjadi perhatian Jasa Raharja untuk mengupayakan tindakan preventif pencegahan terjadinya laka lantas, diantaranya yaitu dengan upaya pemasangan Sticker Himbauan Keselamatan pada moda transportasi umum (Bus, Mikro Bus, ELF) yang beroperasi di wilayah Bangkalan oleh Petugas Jasa Raharja Bangkalan Muhammad Fajar Pradana, SH. pada tanggal 25 Maret 2024.

Kepala Jasa Raharja Pamekasan – Madura Gillang Panjiwijaya, SE., ME. menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pencegahan laka lantas dengan pendekatan socio engineering yang juga melibatkan penumpang Bus atau ELF untuk ikut serta mengingatkan pentingnya keselamatan kepada supir atau awak angkutan umum. Untuk itulah diksi dalam sticker tersebut bertuliskan “Tegur Sopir Bila Membahayakan” dan “Tegur Pengemudi Bila Ugal-Ugalan”.

Dengan upaya himbauan keselamatan ini diharapkan dapat menjadi perhatian dan peningkatan kesadaran awak angkutan umum untuk memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan penumpang moda transportasi umum berupa Bus, Mikro Bus serta ELF khususnya dalam masa Mudik Lebaran tahun 2024.

Sebagaimana sosialisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada tanggal 30 Januari 2024 lalu, aplikasi JRKu modul IWKL memberikan kemudahan pembayaran iuran wajib penumpang kapal laut (IWKL) bagi para perusahaan operator kapal penumpang di wilayah Madura. Acara sosialisasi yang dilaksanakan bersama dengan Divisi Asuransi, Divisi TIK dan Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur tersebut memberikan penjelasan dan simulasi/pelatihan penggunaan aplikasi JRKu modul IWKL yang merupakan digitalisasi proses pembayaran iuran wajib penumpang kapal laut yang sebelumnya transaksi pembayaran tersebut dilakukan secara manual menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis karena dapat dilakukan melalui smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *