AstraPay Jadi Pembayaran Sah Naik Bus Trans Jatim

Haijatim.com –┬áIngin naik Bus Trans Jatim yang baru saja meluncur?
Gampang siapkan saja aplikasi AstraPay sebagai uang digital untuk pembayaran sah, jika kelak menaiki Bus Trans Jatim yang berute Sidoarjo-Surabaya-Gresik.

Demikian penjelasan Chief Executive Officer PT Astra Digital Arta (AstraPay) Ricky Gunawan di hadapan media. Menurutnya PT Astra International Tbk (ASII) terus memperluas potensi pengguna uang elektronik AstraPay hingga ke Jawa Timur, salah satunya melalui kerja sama dengan bus Trans Jatim.

Ricky memaparkan di bidang transportasi, AstraPay sebelumnya telah bekerja sama dengan MRT, TransJakarta, Trans Jogja, Trans Semarang, dan Day Trans untuk pembayaran tarif angkutan menggunakan uang elektronik. “Kali ini AstraPay menggandeng Trans Jatim sebagai partner untuk mobility wallet dengan memberikan layanan cashless bagi para penumpang berupa payment channel untuk pembelian tiket di pada aplikasi Trans Jatim Ajaib,” terangnya.

Dia berharap dengan semakin tingginya trend pembayaran dengan sistem cashless, kuantitas transaksinya bisa bertambah. “Selama ini kontribusi terbesar transaksi dari AstraPay adalah dari sektor layanan pembayaran angsuran atau cicilan yang ada di ekosistem Astra Group yakni sebesar 80 persen, sisanya ditopang oleh layanan pembayaran tagihan seperti listrik, air, hingga pulsa. Namun jika secara kuantitas, kontribusi angsuran dengan layanan tagihan dan transporasi cukup seimbang,” jelasnya.

Untuk itu ke depan AstraPay bakal lebih populer di kalangan masyarakat, sehingga dengan kerja sama bersama Trans Jatim bisa menggenjot jumlah pengguna. Dimana tahun ini pengguna AstraPay ditargetkan mencapai 7 juta pengguna dengan nilai transaksi Rp 25 triliun secara nasional.

“Sampai semester I/2022, jumlah pengguna AstraPay sudah mencapai 6 juta pengguna dengan nilai transaksi kotor atau gross transaction value [GTV] sebesar Rp16 triliun,” ungkap Ricky.

Sementara itu CEO PT Nusantara Global Inovasi (NGI) Agung Trianto Nugroho yang tampak menemani Ricky menambahkan bahwa Trans Jatim melayani rute daerah yang memberi kontribusi besar bagi kepadatan lalu lintas Surabaya yaitu Sidoarjo-Surabaya-Gresik dengan 20 unit bus.

“Ingin naik bus ini bisa membeli tiketnya dulu via AstraPay melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib dengan tarif penumpang umum sebesar Rp 5.000 untuk jarak jauh dan dekat,” pungkasnya yang menerangkan bahwa sistem penggunaan aplikasi Trans Jatim Ajaib sama seperti pembelian tiket nonton bioskop. (*/boi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *