Samsung Solve for Tomorrow Lahirkan Inovator Muda Kaya Ide Brilian untuk Indonesia

Pemenang Samsung Solve for Tomorrow berhasil ciptakan solusi penghasil bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan dari biomassa, aplikasi belajar yang menyenangkan berbasis AI, dan aquarium microalgae yang efektif untuk mengatasi masalah polusi udara di perkotaan.

Haijatim.com, Jakarta – Ajang Samsung Solve for Tomorrow sukses melahirkan para inovator muda yang kaya akan ide brilian untuk Indonesia. Mereka menghasilkan inovasi-inovasi yang kreatif untuk menjawab permasalahan pendidikan dan keberlanjutan bagi masyarakat.

Setelah mengikuti serangkaian kompetisi dan training, program Samsung Solve for Tomorrow (SSFT) merupakan kompetisi SSFT perdana di Indonesia. Pemenangnya adalah tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok, Jawa Barat, dengan solusi bernama Biomass Gasification untuk memproduksi hidrogen dari biomassa sebagai solusi bahan bakar yang ramah lingkungan.

Juara kedua adalah tim RGB dari SMA Negeri 8 Jakarta yang menciptakan KeywordRBG, aplikasi belajar yang mengintegrasikan AI dan gamification untuk membuat kegiatan belajar di kelas semakin menyenangkan. Adapun juara ketiga adalah kelompok Qalam Malaq dari SMA Negeri 78 Jakarta yang menciptakan solusi Microalgae Aquarium (Malaq) berisi microalgae yang efektif mengubah karbondioksida menjadi oksigen, cocok untuk menangani masalah polusi udara di perkotaan.

Para pemenang SSFT ini akan mendapatkan hadiah produk-produk dari Samsung sebagai berikut: Pemenang pertama mendapatkan hadiah produk Samsung senilai Rp150 juta, runner up pertama senilai Rp 70 juta, runner up kedua senilai Rp 45 juta, dan pemenang People Choice akan mendapatkan hadiah produk Samsung senilai Rp 25 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *