Kabar Buruk Diduga Kehandalan VTS Menurun

Haijatim.com, Surabaya – Kabar buruk terdengar dari pusat layanan VTS (Vessel Traffic Service) Surabaya milik Distrik Navigasi Surabaya. Pasalnya, pusat layanan yang menempati bangunan menjulang ke langit di tepi laut itu dikabarkan beberapa peralat pendukung tidak berfungsi secara maksimal yang barang tentu akan sangat berdampak pada keselamatan pelayaran di perairan Tanjung Perak.

Hal itu diperkuat lagi dengan diamnya radar yang terpasang diatas bangunan VTS  tak bergerak dalam waktu belakangan ini seperti tidak beroperasi. Namun sayang, dua wartawan yang berusaha konfirmasi kepada salah satu PPK kantor Distrik Navigasi Surabaya belum mendapatkan kesempatan bertemu dan penjelasan karena keburu diusur dari ruangan ppk oleh security yang entah diperintah oleh siapa. Meski salah satu dari mereka sudah sangat familier dengan jajaran pegawai Disnav.

“Silakan keluar tunggu dibawah, pak Yuli sedang rapat,” seru Security walau kedua awak media itu sedang berbincang dengan salah satu vendor yang berada di ruangan tersebut, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: KKP & Pelindo Sigap Tangani Penumpang Sakit Kapal Pesiar MV Aidabella di Tanjung Perak

Ketidak maksimalan peralatan besutan tahun 2017 itu disinyalir sudah mulai mengalami penurunan daya kerja sarana tersebut. Bahkan, ada pengadaan peralatan  yang erat dengan fungsi kontrol keselamat pelayaran di tahun 2021 mempunyai spek terbatas.

“Bila sarana yang ada fungsinya rendah maka kehandalannya guna mendukung keselamatan pelayaran jadi kurang,” ujar petugas yang enggan disebut namanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *