Disnav Tanjung Perak Apresiasi PT Pelni Tuntaskan Perbaikkan Bouy 24

Haijatim.com, Surabaya – Distrik Navigasi (Disnav) Tanjung Perak mengapresiasi PT Pelni yang telah bertanggung jawab penuh atas terseretnya pelampung suar atau pelsu 24 yang juga disebut bouy. Seperti diketahui di alur pelayaran barat surabaya (APBS) beberapa waktu lalu bouy terseret kapal KM Leuser yang merupakan milik PT Pelni.

PT Pelni sebagai pemilik kapal KM Leuser telah bertanggung jawab atas kerusakan bouy 24 pasca terseret kapal penumpangnya. Dengan melakukan pengangkatan hingga perbaikan dan menunjuk pihak ahli yang telah dipercayainya yang kemudian menyerahkan kembali kepada Distrik Navigasi (Disnav) Tanjung Perak selaku pemilik rambu laut tersebut.

Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak, Capt Dr Mugen S Sartoto, MSc melalui Kabid SBNP dan Armada, Fini, MT, MMar E menjelaskan bahwa sesuai aturan yang terdapat di PM no 25 tahun 2011 Tentang SBNP (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran) bila pelampung suar (pelsu) rusak akibat ditabrak baik sengaja maupun tidak sengaja itu menjadi tanggung jawab pihak penabrak.

Baca juga: Disnav Tanjung Perak Kembalikan Posisi Pelampung Suar/Bouy 24

“Rusaknya pelsu 24 di APBS itu jadi tanggung jawab sepenuhnya pihak Pelni. Terkait pemasangan sementara bouy pengganti itu jadi tanggung jawab kami guna kepentingan penuntun keselamaran pelayaran,” tutur Fini.

Lain halnya pada kapal tenggelam, lanjut Fini, kalau memang perusahaan yang bersangkutan pailit maka negara yang menanggung untuk pemasangan pelsu penanda kapal yang tenggelam tersebut. “Tapi kalau perusahaannya itu eksis maka jadi tanggung jawab perusahaan pemilik kapal yang tenggelam tersebut. Dan sifatnya segera dilakukan pemasangan,” paparnya.

Lanjut Fini, khusus bagi pelsu yang rusak atau hilang maka Disnav mempunyai tanggung jawab melakukan penggantian atas keberadaan pelampung suar itu demi keselamatan pelayaran di suatu alur pelayaran.

Baca juga: Reaksi Cepat Disnav Tanjung Perak Evakuasi Bouy 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *