Sah, Pemungutan PNBP Jasa Kenavigasian Telkompel Bagi Kapal Penyeberangan

Distrik Navigasi Tanjung Perak Sosialisasi dan Harmonisasi PNBP serta Tarif Perkedatangan GTĀ 

Haijatim.com, Sidoarjo – Pemungutan PNBP Jasa Kenavigasian Telkompel bagi kapal penyeberangan akhirnya sah ditetapkan tarif resminya. Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Tipe A Kelas I Tanjung Perak bersama BPTD Kelas II Jawa Timur telah melakukan Sosialisasi dan Harmonisasi pemungutan PNBP jasa Kenavigasian Telkompel bagi kapal penyeberangan yang Surat Persetujuan Berlayar atau SPBnya dikeluarkan oleh Balai Pengelolah Transportasi Darat yang dibuka langsung oleh kepala Distrik Navigasi Tanjung Perak, Capt Mugen Sartoto di Hotel Aston Sidoarjo, Rabu (7/2/2024).

Kabag TU Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak, Slamet Supriyanto menjelaskan, pada hari ini kami bersama BPTD Kelas II Jatim melakukan sosialisasi dan harmonisasi terkait pungutan PNBP jasa Kenavigasian Telkompel bagi kapal-kapal penyeberangan yang beroperasi dibawah kewenangan BPTD dengan memberikan pelayanan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) bagi kapal yang hendak berlayar.

Pemungutan Jasa Kenavigasian Telkompel
Suasana Sosialisasi dan Harmonisasi pemungutan PNBP jasa Kenavigasian Telkompel bagi kapal penyeberangan

“Acara pada hari ini sebagai tindaklanjut surat edaran Dirjen Perhubungan Laut no 1 tahun 2023 tentang pemungutan jasa kenavigasian, yaitu jasa Rambu, SROP, VTS dan master cable serta rambu,” katanya kepada awak media disela acara yang berlangsung.

Baca juga: Disnav Tanjung Perak Ingatkan Biar Kapal Negara Jangan Slonong Boy

Dari edaran tersebut, lanjut Slamet, telah ada nota kesepahaman atauMemorandum of Understanding (MoU) dengan pihak BPTD II Jatim terkait dengan pemungutan master cable di kapal penyeberangan yang ada di Jawa Timur. MoU tersebut telah ditandatangani bersama antara pimpinan dengan pihak BPTD pada 15 Januari 2024, dan selanjutnya telah disosialisasikan kepada pengguna jasa stakeholder kapal penyeberangan yang ada di Jatim.

“Hasil acara ini sementara kita membuat laporan kegiatan sosialisasi dan harmonikasi. Sedang, untuk penandatangan berita acara akan dilakukan segera di minggu depan oleh pimpinan kami dan para pimpinan perusahaan pelayaran yang diketahui juga oleh pihak asosiasi,” paparnya.

Pemungutan Jasa Kenavigasian Telkompel
Kabag TU Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak, Slamet Supriyanto (kiri) bersama BPTD II Jatim Freedy Sutanto Wasatpel Penyeberangan Ujung (kanan)

Meski demikian, Slamet menegaskan, kami harus tetap selenggarakan acara sosialisasi dan harmonisasi pemungutan jasa kenavigasian bagi kapal-kapal penyeberangan ini karena itu suatu kewajiban yang diamanahkan oleh negara atas jasa Telkompel berupa PNBP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *