Profesor ITS Ini Punya Kiat Tingkatkan Ketahanan Logistik Maritim

Solusi Kelangkaan Armada Kapal & Kontainer Kosong

Haijatim.com, Surabaya – Inovasi insan terbaik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin nyata. Prof Ir Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD CMarTech mengkaji lebih dalam analisis terkait manajemen di bidang risiko logistik maritim. Upaya meningkatkan ketahanan logistik maritim ini, merupakan solusi menyelesaikan masalah kelangkaan armada kapal dan kontainer kosong.

Demikian upaya menghadapi tantangan kompleks dalam operasi perdagangan lewat laut di Indonesia, dibutuhkan adanya sebuah inovasi baru. Merespon hal tersebut, Guru Besar ITS ke-201 tersebut melalui orasi ilmiah pengukuhannya sebagai profesor yang berjudul Manajemen Disrupsi Berbasis Propagasi dan Resonansi Risiko Logistik Maritim Indonesia, lelaki yang akrab disapa Saut ini menyoroti pentingnya pengelolaan perubahan positif dan negatif. Secara rinci, Saut menjelaskan bahwa perubahan positif mendorong inovasi untuk menormalkan kembali situasi dan menciptakan kemajuan, sedangkan perubahan negatif dapat menjadi sumber risiko.

Tidak hanya menyoroti pentingnya pengelolaan perubahan, Saut juga menawarkan solusi inovatif dengan konsep manajemen disrupsi maritim. Konsep ini membantu memahami berbagai risiko gangguan operasi maritim yang ada di sistem logistik maritim. “Dengan memahami risiko ini, kita dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak negatifnya,” jelas guru besar dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini.

Profesor ITS Logistik Maritim
Prof Ir Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD CMarTech menunjukkan peta komprehensif yang dikembangkannya untuk mengelola disrupsi dalam logistik maritim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *