KSOP Gresik Kawal Kelancaran Arus Mudik Lebaran

Via Posko Terpadu Angleb 2024

Haijatim.com, Gresik – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik menggelar Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut lebaran (angleb) Tahun 2024 (1445 H) yang diikuti unsur dari instansi terkait, pramuka, wakil dari perusahaan serta Taruna Poltekpel Surabaya. Sebagai inspektur upacara, kepala kantor KSOP Gresik, Hotman Siagian. Pada pelaksanaan apel pembukaan kali ini, KSOP Gresik memastikan pengawalan kelancaran arus mudik lebaran.

Hotman dalam sambutannya membacakan amanah Dirjen Perhubungan laut Capt. Antoni Arif Priadi yang menekankan akan pentingnyaa Angkutan laut dalam menyambut Lebaran Tahun 2024 Idul Fitri (1445 H). Bahwa Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 4,37 % dibandingkan tahun 2022. Angkutan Lebaran tranportasi laut kala itu berjalan dengan baik, lancar serta berjalan aman, tentunya untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 H) ini kita harus dapat menyelenggarakan transportasi laut yang baik, lancar serta aman pula.

“Saya harap kita dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada masa Lebaran ini,” kata kepala KSOP kelas II Gresik Hotman Siagian saat membacakan sambutan Dirjen Perhubungan Laut Capt Antono Arif Priadi, Senin (25/3/2024).

KSOP Gresik Arus Mudik Lebaran
Sementara itu Capt Antoni menyampaikan Angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan dimana transportasi laut menjadi satu-satunya sarana transportasi yang tersedia. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik. Patut kita tekankan betapa pentingnya angkutan laut dalam mendukung suksesnya angkutan lebaran tahun 2024 (1445 H) di Indonesia.

Namun demikian kata Antoni, kita juga harus menyadari bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal. Selain itu perlu juga sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

“Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar mempersiapkan angkutan laut lebaran tahun 2024 (1445 H) untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan,” lanjutnya.

1. Untuk memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laiklaut, diinstruksikan kepada para Kepala Kantor KSOP Utama, Kepala KSOP Khusus Batam, Kepala KSOP Kelas I s/d IV dan Kepala UPP Kelas I s/d III agar melaksanakan uji kelaiklautan kapal (ram check) terhadap seluruh kapal yang berada/beropersi di wilayah kerjanya.

2. Meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan seluruh stakehokder dan operator serta membentuk Posko Pelayanan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H) sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Laut No: IR-DJPL 2 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H).

3. Meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya terhadap pengawasan kapasitas penumpang serta berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

4. Mengoptimalkan potensi armada pada daerahnya masing-masing, terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik/balik sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *