PT Pelindo Raih Award Gubernur Jatim Dampak Pelabuhan Tanjung Perak Zero Accident

Haijatim.com, Surabaya – PT Pelindo meraih award atau penghargaan dari Gubernur Jatim dampak Pelabuhan Tanjung Perak zero accident. Demikian karena totalitas pelaksanaan dan penerapan SMK3 di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak yang rutin dilaksanakan.

Penerapan SMK3 di lingkungan pelabuhan merupakan wujud dari komitmen Pelindo Group untuk meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pencapaian ini tidak lepas dari komitmen manajemen Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa dalam menerapkan HSSE dengan target zero fatality, zero accident dan zero damage khususnya di area pelabuhan Tanjung Perak.

Rendy Fendy, Kahumas Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa bahwa saat ini Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa telah melakukan beberapa langkah dalam pencapaian target tersebut diantaranya melakukan safety patrol secara rutin, membuat laporan safety patrol kepada management, melakukan sosialisasi terkait K3, dan melakukan penertiban administrasi berupa SIK (surat izin kerja) untuk vendor yang berkegiatan di pelabuhan.

Baca juga: KKP & Pelindo Sigap Tangani Penumpang Sakit Kapal Pesiar MV Aidabella di Tanjung Perak

“Pencapaian di bidang K3 untuk Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa di tahun 2023 adalah Zero Fatality dimana tidak terdapat kejadian fatal (nihil) di area pelabuhan Tanjung Perak dan juga Zero Accident yang dibuktikan dari pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah mencapai 7.701.933 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak 01 Nopember 2013 s.d 31 Oktober 2023,” ungkapnya, Selasa (5/3/2024).

Berdasarkan surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur pada September 2023, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan Penghargaan K3 sebagai motivasi dan dorongan kepada perusahaan yang telah melaksanakan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan/tempat kerja.

Salah satunya, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa Pelabuhan Tanjung Perak yang turut berpartisipasi dalam pengajuan penilaian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *