Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Sambut Lonjakan Pemudik Lebaran

Haijatim.com, Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia – Pelindo (Persero) Regional 3 menyiapkan 20 terminal demi menyambut lonjakan pemudik lebaran di 2024. Demikian antisipasi kenaikkan pemudik via jalur laut.

Sedikitnya 20 terminal penumpang dan RoRo di wilayah kerja disiapkan untuk melayani arus mudik lebaran yang di prediksi meningkat 15 Persen dari tahun sebelumnya. Sejumlah langkah antisipasi tersebut diantara meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Diantaranya ialah penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang. Sejumlah fasilitas diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebarab, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda menyampaikan sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Sejumlah Pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang di prediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya. Diprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun ini akan mencapai 713.449 Orang atau naik 15 % dari arus mudik 2023 yang mencapai 620.291 arus penumpang embarkasi maupun dembarkasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *