Siap Menuju Kontes di Florida, Amerika Serikat

Kapal Nala Proteus Racikan Tim Barunastra ITS Dukung Industri Maritim

Songsong International Roboboat Competition (IRC) 2024, Florida, Amerika Serikat

Haijatim.com, Surabaya – Semakin canggih saja Kapal Nala Proteus 2.0 racikan Tim Barunastra ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), yang sarat fitur dan memiliki kemampuan mendukung Industri Maritim. Hebatnya lagi kapal tersebut bakal mengikuti International Roboboat Competition (IRC) 2024, Florida, Amerika Serikat pada 5-11 Februari atau bulan depan, demi mempertahankan titel Juara Dunia.

Usai memenangkan juara umum sebanyak lima kali secara beruntun, tim robotik maritim unggulan ITS, Barunastra ITS mempersiapkan Nala Proteus 2.0, yang secara resmi diluncurkan di halaman Gedung Rektorat ITS, Jumat (26/1). Kapal tak berawak ini diresmikan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng untuk siap bersaing dalam kompetisi yang akan berlangsung di Amerika Serikat. Kapal andalan Barunastra ini dirancang dengan target meraih juara dunia kali keenam di ajang bergengsi tersebut, serta berperan aktif dalam berinovasi menghadapi tantangan di industri maritim.

Kapal Nala Proteus Barunastra ITS
Kapal Nala Proteus 2.0 racikan tim Barunastra ITS siap mengikuti kontes di Amerika Serikat

Berbekal tekad tersebut, lelaki yang akrab disapa Ashari ini mengungkapkan rasa bangga dan antusiasmenya dalam mendukung langkah progresif tim Barunastra ITS menuju pencapaian prestasi di dunia global. Tentu saja, setelah sebelumnya berhasil mengalahkan berbagai universitas ternama dunia selama lima kali berturut-turut. “Inilah salah satu karya terbaik mahasiswa ITS untuk turut serta dalam mengembangkan teknologi kemaritiman,” ujarnya.

Baca juga: Pertamina Gandeng Hyundai Bikin 15 Kapal Tanker MR

Kapal dengan konsep kendaraan permukaan air tanpa awak tersebut diciptakan untuk mengarungi jalur yang penuh tantangan. Tak hanya memamerkan keahlian manuver maritim yang impresif, kapal yang dibuat oleh para mahasiswa ini didesain untuk mengatasi tugas-tugas yang menyimulasikan tantangan dalam kehidupan nyata, termasuk pengawasan pesisir, keamanan pelabuhan, dan berbagai operasi oseanografi.

Siap bersaing melawan lebih dari 18 tim dari seluruh dunia, General Manager Barunastra ITS I Made Vibra Danajaya menjelaskan bahwa Nala Proteus 2.0 telah diperbaharui dengan menggunakan lambung fiberglass yang memiliki desain timbul. Desain ini bertujuan untuk meningkatkan jarak antara permukaan air dan komponen listrik, sekaligus meningkatkan stabilitas dan keamanan kapal.

Tak hanya itu, kapal yang merupakan hasil pengembangan Nala Proteus pada tahun lalu ini juga telah mengalami peningkatan secara signifikan. Kini, kapal tersebut dilengkapi dengan sistem propulsi terkini yang tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan daya dorong dan torsi yang lebih besar. “Transformasi ini menjadikan kapal mampu mencapai kecepatan hingga 5 knot,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *